My adventure

My adventure
SHIBO n Me

Rabu, 09 November 2011

METODE PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA GURU

Metode-metode pembelajaran yang berpusat pada guru diantaranya adalah metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi.
1. Metode Ceramah
Pengertian: Penyajian materi pembelajaran yang disampaikan secara lisan oleh guru kepada siswa.
Metode ini sering digunakan oleh pengajar karena mudah, murah, dan efesien. Mudah karena tidak terlalu ribet dalam menyampaikan materi, dan dapat menyesuaikan dengan waktu, ruang, dan situasi.
Kelebihan dan kekurangan: Dalam buku karangan Soli Abimanyu ditulis bahwa keunggulan metode ceramah antara lain; 

  • Murah dalam arti efisien dilihat dari segi waktu, biaya dan tersedianya guru.
  • Mudah, dalam arti materi dapat disesuaikan dengan terbatasnya waktu, karakteristik siswa, materi pelajaran, dan tersedianyan alat pelajaran.
  • Meningkatkan daya dengar siswa dan menumbuhkan minat belajar dari sumber lain.
  • memperoleh penguatan, dalam arti guru memperoleh penghargaan, kepuasan dan sikap percaya diri dari siswa yang diajar jika siswa memperhatikannya dan kelihatan senang karena mengajarnya guru baik
  • Ceramah dapat memberikan wawasan yang luas karena guru dapat menambah dan mengaitkan dengan sumber dan materi lain dalam kehidupan sehari-hari.
Kelemahan metode ceramah antara lain;

  • Siswa dapat menjadi jenuh terutama kalau guru tidak pandai menjelaskan.
  • Dapat menimbulkan verbalisme pada siswa.
  • Materi ceramah terbatas pada apa yang diingat guru.
  • Bagi siswa yang keterampilan mendengarnya kurang akan dirugikan.
  • Siswa dijejali dengan konsep yang belum tentu dapat diingat terus
2. Metode Tanya Jawab
Pengertian: Cara penyampaian suatu materi dengan interaksi dua arah dari siswa dan guru untuk memperoleh suatu jawaban yang benar.
Kelebihan;

  • Siswa akan menjadi aktif dengan sendirinya.
  • Siswa tidak mengalami kebosanan karena dalam metode tersebut melibatkan siswa.
  • Dapat memotivasi siswa untuk berani bertanya dan menjawab
Kelemahan:

  • Siswa yang tidak aktif cenderung tidak memperhatikan materi yang disampaikan guru.
  • Metode ini tidak dapat berjalan dengan baik jika siswa dominan pasif di dalam kelas.
  • Hanya membuang-buang waktu saja jika tidak mendapat respon baik dari siswa.
3. Metode Demonstrasi
Sanjaya (2006), dan Sumantri dan Permana (1998/1999) dalam Soli Abimanyu mengemukakan bahwa yang dimaksud metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukan pada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh guru atau sumber belajar lain yang ahli dalam topik bahasan yang harus didemonstrasikan.
Kelebihan;

  • Pelajaran akan lebih jelas, terutama pada materi yang perlu dikongkritkan
  • Tidak akan terjadi verbalisme
  • Proses pembelajaran akan menarik hati siswa, terutama siswa SD yang aktif bergerak
  • Menyajikan materi yang tidak bisa disajikan dengan metode lain
Kelemahan;

  • Tidak semua pengajar dapat melakukan demonstrasi dengan baik sesuai perencanaan
  • Demonstrasi memakan banyak waktu, sehingga kurang efektif
  • Metode demonstrasi memerlukan persiapan yang matang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar